Senin, 23 Oktober 2017

Lintas FKWI INHIL - Bupati Kabupaten Indragiri Hilir HM Wardan selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Gerakan Pramuka Kabupaten Inhil memimpin lansung Apel Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Pramuka Ke - 56 di lapangan Gajah Mada, Tembilahan, Senin pagi(23/10/2017).



Lintas FKWI INHIL - Bupati Kabupaten Indragiri Hilir HM Wardan selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Gerakan Pramuka Kabupaten Inhil memimpin lansung Apel Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Pramuka Ke - 56 di lapangan Gajah Mada, Tembilahan, Senin pagi(23/10/2017).

Bupati Inhil HM Wardan yang memberikan kata sambutan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Dr Adhyaksa Dault, SH., MSi, dalam juga turut menyampai pidato menceritakan separuh kisah tentang cikal - bakal lahirnya Gerakan Pramuka Indonesia.

Gerakan Pramuka Indonesia berasal dari Gerakan Kepanduan yang telah ada sejak masa penjajahan Belanda kemarin, tepatnya pada tahun 1912 dengan yang bernama kelompok, yang berdasarkan nama etnik maupun keagamaan.

Sudah 105 tahun eksistensinya di Indonesia. Yang penting untuk dipahami bahwa filosofi dan nilai kepramukaan dikutip dari bangsa dan kebudayaan Indonesia, yang bersama dengan berkembangnya gerakan kepanduan dunia yang dirintis oleh Sir Baden Powell di Inggris, pungkas Bupati yang bertindak sebagai Pembina Upacara.

Bupati melihat potensi dan militansi kepanduan yang perlu dibina menjadi perekat persatuan dan kesatuan bangsa. Dengan semangat persatuan dan kesatuan.

Gerakan Pramuka merupakan yang menyatukan dari 60 organisasi kepanduan untuk dapat menjadi perekat Bangsa Indonesia. Presiden Soekarno telah menyerahkan Panji Gerakan Pramuka kepada Sri Sultan Hamengkubuwono IX, Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka pada tanggal 14 Agustus 1961 yang berpesan bahwa Gerakan Pramuka berfungsi untuk membina dan memantapkan karakter pemuda Indonesia, ujar Bupati. 

Pada apel besar peringatan Hari Pramuka Ke - 56 di Kabupaten Inhil itu, tampak hadir mendampingi Bupati, Kapolres Inhil, AKBP Dolifar Manurung, Kasdim 0314/Inhil, Ketua Komisi IIb(Dua) DPRD Inhil, Ir Junaidi AN dan Ketua Gerakan Pramuka Kabupaten Inhil, Junaidi serta sejumlag pejabat eselon di lingkungan Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir.

Dalam kegiatan peringatan Hari Pramuka Ke - 56 yang jatuh setiap tanggal 14 Agustus, juga diadakan penyerahan penghargaan Panca Warsa bagi para anggota dewasa Gerakan Pramuka di Inhil dari Kwartir Pramuka Provinsi Riau yang menandai kepatuhan, ketekunan, kerajinan dan kesungguhan dalam menjalankan tugas-tugas serta kewajibannya.

Tak hanya itu, kegiatan juga diramaikan dengan dilakukan senam semapor bersama yang sedikitnya dilakukan oleh 400 anggota Gerakan Pramuka Inhil. Perbedaan juga tampak dari peringatan Hari Pramuka Ke - 56 di Kabupaten Inhil, dimana para petugas dalam Apel Besar diisi oleh para anggota Pramuka perempuan juga.(HERMAN)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari membangun Inhil dan tinggalkan komentar berita keritik dan saran anda dengan bijak disini