Rabu, 01 November 2017

Lintas FKWI INHIL - Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan serah terima bantuan 13 (Tiga Belas) unit kapal motor dan ratusan alat tangkap kepada nelayan Desa Sungai Undan, Kecamatan Reteh, Rabu (1/11/2017).


Lintas FKWI INHIL - Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan serah terima bantuan 13 (Tiga Belas) unit kapal motor dan ratusan alat tangkap kepada nelayan Desa Sungai Undan, Kecamatan Reteh, Rabu (1/11/2017).


Bantuan yang diberikan berasal dari Kementerian Perikanan dan Kelautan Republik Indonesia itu dilakukan dalam rangka pelaksanaan program guna penyelamatan udang Gala dan Kepiting yang digagas oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Inhil.

Menurut Bupati, pemberian Kapal Motor dan Alat Tangkap yang diberikan tersebut, ialah bertujuan untuk membantu nelayan agar dapat meningkatkan ekonomi pendapatan sehingga mencapai kesejahteraan.

Peliharalah alat tangkap dengan baik, jangan menggunakan racun atau tuba, karna sudah ada peraturan yang melarang hal-hal seperti itu, akantada sanksi pidana yang sudah diterapkan sekarang, ujar Bupati Inhil.

Bupati Inhil mengatakan pelarangan menggunakan racun atau tuba tersebut, Dia bersama jajarannya di Pemerintahan Kabupaten Inhil, khususnya Dinas Kelautan dan Perikanan sudah melakukan sosialisasi kepada nelayan di sejumlah daerah di Inhil.

Bahkan, dalam peraturan yang sudah diberlakukan itu, juga terdapat denda sebesar Rp 1,2 Milyar yang dikenakan bagi para nelayan yang melanggar aturan tersebut dalam mencari ikan dengan menggunakan racun, papar Bupati.

Selanjutnya, Bupati mengatakan, beberapa waktu lalu, Dirinya pernah berkunjung ke Kementerian Perikanan dan Kelautan. Bupati mengaku, diberikan arahan untuk mengembangkan budidaya kepiting dan udang galah.

Arahan tersebut, menurut pihak kementerian, dilandaskan oleh potensi kelautan yang ada di Inhil. Inhil memiliki wilayah perairan yang besar serta sangat luas, begitu juga dengan keberadaan kawasan hutan mangrove yang luas turut menunjang habitat kepiting yang ada di Inhil, kata Bupati.

Bupati mengharapkan, dengan adanya program yang mengembangkan udang galah dan kepiting itu, maka Kabupaten Inhil dapat menjadi Kabupaten yang penghasil udang galah dan kepiting terbesar di Provinsi Riau bahkan Indonesia.

Dengan kedatangan Bupati kali ini, selain untuk memberikan bantuan Kapal Motor dan Alat Tangkap juga melakukan peresmian 33 (Tiga Puluh Tiga) unit rumah warga Desa Sungai Undan yang masuk dalam program bedah rumah swadaya oleh Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kabupaten Inhil itu, serta silahturrahmi bersama seluruh warga yang dipusatkan di Masjid Nurul Huda, Desa Sungai Undan.

Yang turut mendampingi Bupati Inhil, HM Wardan dalam pelaksanaan kegiatan ialah, Kepala Dinas Komunikasi, Informasi, Persandian dan Statistik, HM Thaher, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, H Mukhtar T, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata, Junaidy Ismail dan Kepala Badan Perizinan, Helmi D serta sejumlah pejabat eselon di lingkungan Pemerintah Kabupaten Inhil .(HERMAN)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari membangun Inhil dan tinggalkan komentar berita keritik dan saran anda dengan bijak disini