Minggu, 05 November 2017

Lintas FKWI INHIL - Pembukaan iven Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Ke - 47 Tingkat Kabupaten Inhil tahun 2017 di Kelurahan Pulau Kijang, Kecamatan Reteh, Sabtu (4/11/2017) malam, ditandai dengan pemukulan bedug.


Lintas FKWI INHIL - Pembukaan iven Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Ke - 47 Tingkat Kabupaten Inhil tahun 2017 di Kelurahan Pulau Kijang, Kecamatan Reteh, Sabtu (4/11/2017) malam, ditandai dengan pemukulan bedug.

Selain Bupati Inhil, HM Wardan ini turut pula dihadiri Sekretaris Daerah Provinsi Riau, Ahmad Hijazi, Ketua DPRD Inhil, H Dani M Nursalam, SPi., MSi., Sekretaris Daerah Kabupaten Inhil, H Said Syarifuddin dan Ketua LPTQ Kabupaten Inhil, Afrizal serta sejumlah pejabat eselon di lingkungan kususnya di Pemerintah Kabupaten Inhil ini.

Mengenai pelaksanaan MTQ yang memperlombakan 7 Cabang Lomba ini terasa sangat menarik dan penuh suka maupun cita. Mungkin karena setiap 2 (Dua) orang Juara Tilawatil tingkat Dewasa Putra dan Putri MTQ Ke - 46 akan di hadiahi umroh dan diberangkatkan tahun ini atau paling lambat tahun 2018 mendatang nantinya.

Ada pun keistimewaan lain dalam MTQ ke - 47 Kabupaten Inhil ini, adalah dikarenakan adanya pencanangan Gerakan Inhil Bertanjak sebagai wujud tindaklanjut dari Gerakan Riau Bertanjak dan  bentuk dukungan atas Visi Provinsi Riau, yakni mewujudkan Provinsi Riau Menjadi Pusat Budaya Melayu Tahun 2020.

Sewaktu pawai ta'aruf tadi, sudah di laksanakan, sudah direncanakan gerakan Inhil Bertanjak sebagai wujud dukungan terhadap Visi Provinsi Riau, yakni mewujudkan Provinsi Riau menjadi Pusat Budaya Melayu pada tahun 2020 yangakan datang, ujar Bupati.

Bupati  juga menyampaikan, agar lebih serius dalam menunjukkan komitmen dukungan atas Visi Provinsi Riau tersebut, Dirinya akan segera merumuskan dan menerbitkan Peraturan Bupati yang mengatur tentang penggunaan pakaian khas Melayu dilengkapi tanjak bagi Aparatur Pemerintah Kabupaten Inhil.

Untuk merealisasikan hal tersebut perlu juga diambil langkah memasyarakatkan yaitu pakaian khas melayu. Saat ini sudah dimulai upaya memasyarakatkan, kalau sekiranya sudah cukup persiapan barulah Peraturan Bupati itu dirumuskan dan diterbitkan, tegas Bupati.

Ada pun yang diutarakan Bupati, juga merupakan sebuah kegiatan yang memiliki korelasi dan memberikan kontribusi terhadap upaya mewujudkan Visi Provinsi Riau. Oleh sebab itu, perhatian Pemerintah Kabupaten Inhil sangat men supod atas penyelenggaraan MTQ melalui aspek finansial dan penyediaan sarana dan prasarana penunjang akan semakin ditingkatkan.

Kehidupan yang agamis dengan tatanan masyarakat madani akan diciptakan melalui penyelenggaraan MTQ yang berkesinambungan serta juga yang dinilai akan mampu meningkatkan produktifitas masyarakat, ujar Bupati Inhil.

Maka dari itu, Bupati berharap, agar para peserta dapat mengikuti iven keagamaan bergengsi tingkat Kabupaten ini dengan sebaik - baiknya. Begitu pula terhadap masyarakat, diharapkan agar dapat membantu dan memberikan dukungan dengan menjaga ketertiban dan keamanan sehingga MTQ Ke - 47 Kabupaten Inhil Tahum 2017 dapat berlangsung lancar dan sukses hingga penutupan nantinya.

Terima kasih yang sudah memberikan dukungan dari berbagai pihak hingga kegiatan tahunan MTQ dapat diselenggarakan dengan lancar sampai pada tahap pembukaan. Semoga kegiatan MTQ di tahun ini dapat berakhir dengan kesuksesan sehingga dapat melahirkan qori dan qori'ah serta Hafidz dan hafidzah yang terbaik di Inhil, tandas Bupati.

Sewaktu pembukaan MTQ yang telah berlangsung semarak meriah ini banyak berbagai penampilan apik kesenian yang kebanyakan diisi dengan suguhan tari - tarian. Dan juga dilangsungkan Pengibaran Bendera LPTQ yang diiringi dengan nyanyian Hymne dan Mars MTQ.

Masyarakat yang berkunjung berada di lokasi tampak begitu menikmati performa memukau tari - tarian yang dipersembahkan oleh Sanggar Seni Tari lokal dan percikan demi percikan kembang api yang ikut menghiasi Astaka MTQ.(HERMAN)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari membangun Inhil dan tinggalkan komentar berita keritik dan saran anda dengan bijak disini